Selasa, 10 Februari 2009

Perlukah Bayi Pakai Gurita????!!

Selama ini ada tradisi turun temurun yang dilakukan orang tua untuk memakaikan gurita pada bayi. Alasannya, otot perut bayi yang masih lemah harus disangga agar nantinya berbentuk bagus tak seperti perut katak.
Sejak janin, organ-organ tubuh terus berkembang sampai tiba saatnya untuk dilahirkan. Sementara ruang untuk berkembang organ-organ tubuh tersebut sangat terbatas. Tidak heran jika pada beberapa bayi terjadi penekanan sedemikian tinggi pada rongga perutnya. Akibatnya umbilikus tidak menutup sehingga pusar tampak bodong.
Dinding perut masih relatif tipis sedangkan muatan di dalamnya demikian banyak, sehingga belum mampu menahan organ-organ di dalam rongga perut terutama usus. Inilah yang membuat perut bayi tampak besar dan melebar seperti katak. Itu adalah hal yang normal jadi tak perlu dibentuk dengan gurita. Disamping itu, pemakaian gurita dapat membuat tidak terlihatnya apabila terjadi perdarahan tali pusat yang dapat berakhir dengan kematian dan membuat bayi kesulitan bernafas jika pengikatan gurita terlalu erat. So, keep your baby!

Tidak ada komentar: