Rabu, 21 Januari 2009

Dismenorrhea

Dismenorrhea adalah nyeri yang hebat pada perut bagian bawah saat haid sampai mengganggu aktivitas sehari-hari biasanya disertai mual, muntah, diare, pusing, malaise, myalgia bahkan bisa sampai pingsan.
Jenisnya ada dua :
Dismenorrhea Primer
Yaitu nyeri haid dirasakan sejak menarche (pertama kali mendapat haid). Dapat terjadi karena gangguan hormonal pada masa pubertas dimana siklus haidnya ada yang bersifat anovulatoar.
Dismenorrhea Sekunder
Yaitu terjadi beberapa waktu setelah menarche (misal 1 tahun setelah haid yan pertama). Biasanya dikaitkan dengan gangguan-gangguan ginekologi seperti endometriosis, myoma uteri, kista dsb.
Dismenorrhea ini merupakan salah satu gejala dari endometriosis, namun endometriosis tidak selalu ditandai dengan dismenorrhea. Ada kalanya seseorang terkena endometriosistanpa gejala sama sekali, tapi kemudian ditemukan adanya kista coklat/endometrioma. Semakin hebat nyeri pada saat haid tidak berarti semakin parah tingkat endometriosisnya karena ambang nyeri tiap orang juga berbeda, tapi berat tidaknya endometriosis dilihat dari seberapa luas sebaran lesi sel-sel endometrium di luar kavum uteri.
So girls, bagi kamu yang saat haid nyerinya luar biasa & nggak bisa ngapa-ngapain, mesti warning nih! Nggak ada salahnya kalau kamu kunjungi Obgyns terdekat di kotamu...

Tidak ada komentar: