Kamis, 22 Januari 2009

Acute Miocard Infark (AMI)

Infark Miokard disebabkan oleh tersumbatnya arteri koroner. AMI merupakan keadaan yang sangat berbahaya karena begitu asupan oksigen ke jantung terhenti, otot jantung akan mati dan tidak dapat beregenerasi. Otot yang mati akan digantikan jaringan fibrosa nonaktif, yang membuat jantung kehilangan sebagian otot tersebut untuk memompa darah ke seluruh tubuh. AMI bisa menimbulkan artimia bahkan kematian.
Gejala
Nyeri yang menjalar ke bahu, rahang, lengan kiri, punggung atau bahkan di epigastrium yang kadang dikira hanya peyakit gastritis (magh) biasa. Nyeri akibat infark tidak dapat diredakn dengan istirahat atau nitrogliserin dan biasanya disertai keluarnya keringat dingin, mual dan muntah kadang seperti perasaan masuk angin.
Periode kritis pada jam-jam pertama setelah serangan. Semakin cepat dibawa ke rumah sakit, semakin besar peluang untuk bertahan hidup.
Diagnosa
Perubahan EKG muncul beberapa jam setelah serangan pertama. Jika terjadi kerusakan otot dalam darah terdapat enzim kreatinin fosfokinase dan enzim SGPT. Biasanya dokter akan mengirim penderita ke ICU untuk diobservasi apabila dicurigai adanya AMI.
Penatalaksanaan
Obat vasodilatasi dan obat-obatan untuk mengurangi beban jantung.

Tidak ada komentar: